Kemenkominfo Gandeng UMM dalam Program Digital Talent Scholarship 2019

Sabtu, 25 Mei 2019 05:35 WIB

 

Jumat, 24 Mei 2019, Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) telah menyelenggarakan kegiatan "Sosialisasi dan Walk-in Registration Program Digital Talent Scholarship 2019" yang bertempat di Ruang Sidang Senat Universitas Muhammadiyah Malang.

 

Sebanyak 25.000 beasiswa yang disediakan dalam program yang bertajuk Digital Talent Scholarship 2019. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) mengadakan beasiswa untuk meningkatkan daya saing SDM teknologi informatika dan komunikasi (TIK) menuju Revolusi Industri 4.0.

 

UMM terpilih menjadi salah satu penyedia pelatihan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang lebih siap menyambut era revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital.

 

UMM terlibat dalam skema Fresh Graduate Academy (FGA), yang akan memberikan pelatihan kepada sejumlah 100 peserta.

 

Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait), Program ini terbuka bagi penyandang disabilitas.

Peserta program nantinya akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan di bidang Machine Learning.

 

Sebelumnya, di tahun 2018, Kementerian Kominfo telah meluncurkan program yang sama untuk menyiapkan 1.000 talenta yang menguasai keahlian digital guna mendukung visi Indonesia untuk menjadi negara ekonomi digital terbesar pada tahun 2030. Selain itu,  Program Digital Talent Scholarship ditujukan untuk menyediakan talenta yang dibutuhkan dalam Revolusi Industri 4.0.

 

Kementerian Kominfo juga menyiapkan kegiatan pascapelatihan bagi peserta program. Targetnya untuk mempertemukan keahlian yang dimiliki oleh talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi.

 

Peserta yang menyelesaikan pelatihan sesuai waktu yang ditentukan dan mendapatkan nilai sesuai yang disyaratkan akan mendapat kesempatan untuk memperoleh sertifikasi dari global tech companies. Global tech companies diantaranya adalah Amazon, Cisco, Google, dan Microsoft.

Masa pendaftaran program FGA gelombang 2 dimulai tanggal 20 Mei 2019 hingga 15 Juni 2019.  Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silakan akses https://digitalent.kominfo.go.id. Informasi lainnya dapat dilihat melalui Instagram @digitalent.kominfo.

Shared: