Panduan Manajemen Laktasi berbasis Ponsel Pintar untuk Kader Desa dan Ibu Pekerja

Jum'at, 18 Oktober 2019 05:23 WIB

 
Melalui Program Kemitraan Masyarakat yang didukung Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Tim Pengabdi dari Universitas Muhmmadiyah Malang yang diketuai oleh Nur Hayatin, S.ST., M.Kom. dari Prodi Informatika dengan anggota tim Aini Alifatin, S.Kep., M.Kep. dari prodi Keperawatan, mengembangkan aplikasi Simomi, sebuah aplikasi panduan manajemen laktasi berbasis Android.
 
Aplikasi Simomi dikembangkan dengan mempertimbangkan banyaknya pengguna ponsel pintar dan terbatasnya koneksi internet di Indonesia Simomi merupakan aplikasi yang dijalankan melalui ponsel pintar. Keunggulannya Simomi ini adalah bisa diakses kapan pun dan di mana pun, baik secara offline maupun online, sehingga para ibu juga kader desa dapat belajar mandiri tentang manajemen laktasi secara optimal.
 
2. Serah terima ruang laktasi dan sebagai penanda berakhirnya kegiatan pengabdian.
 
Pada hari Selasa, 8 Oktober 2019 lalu, tim pelaksana juga telah melakukan serah terima ruang Laktasi di kantor desa Jatikerto kec. Kromengan kab. Malang yang diserahkan oleh ketua tim pelaksana, Nur Hayatin kepada Kepala Desa Jatikerto, Muhammad Satu. Hal ini sekaligus sebagai tanda telah dilakukan kegiatan pelatihan manajemen laktasi dan penggunaan aplikasi Simomi untuk kader.

Shared: