TI UMM WUJUDKAN TRI DHARMA MELALUI PROGRAM DESA BINAAN

Kamis, 05 Januari 2012 10:29 WIB

Berita UMM
 

 

Teknik Informatika (TI) UMM tidak hanya mendidik mahasiswanya untuk menjadi akademika yang sarat akan ilmu pengetahuan, melainkan juga menumbuhkan rasa sosialisme mereka. Hal tersebut terlihat dari adanya program Desa Binaan yang dikelola oleh HMJ TI UMM. Bertempat di Pedukuhan Gumuk, Desa Selorejo, Kec. Dau, anggota HMJ TI UMM memberikan pelatihan dan pengajaran kepada warga. Kegiatan rutin 2 mingguan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, mengamalkan Tri Dharma masyarakat dengan melakukan pengabdian kepada mereka.

Kegiatan sosial tersebut dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan masyarakat desa tersebut masih tergolong rendah. Banyak masyarakat yang masih buta huruf dan gagap teknologi. Berdasarkan kondisi tersebut, HMJ TI UMM mengadakan pelatihan komputer bagi pelajar SD dan SMP serta mengajarkan warga sekitar baca tulis sehingga permasalahan buta huruf di desa tersebut dapat tuntas. Tidak hanya memberikan pelatihan, mereka juga mengadakan perpustakaan desa yang mana bertujuan agar masyarakat desa setempat memiliki pengetahuan yang memadai.

Antusias masyarakat Pedukuhan Gumuk sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti pelatihan, baik komputer maupun baca tulis. “Melalui kegiatan ini kami berharap, masyarakat dapat bebas dari buta huruf. Mungkin dari hal kecil yang kami lakukan dapat membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat setempat. Dari program ini, kami juga sadar bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan kita agar dapat memperbaiki kehidupan mereka”, ujar Didi, Kabid Sosial Kemasyarakatan HMJ TI. Selain itu, mereka juga berharap agar program ini dapat diadopsi oleh mahasiswa lain agar masyarakat Indonesia bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi. (mei/nan)

 

Shared: