Staff

1. Gita Indah Marthasari, S.T., M.Kom     Dosen Prodi Informatika yang menyelesaikan gelar S.T pada 06 Maret 2004 di Institut Teknologi Bandung dan menyelesaikan M.Kom di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ia kini dipercaya menjabat sebag...

Detail
about

Staff

1. Gita Indah Marthasari, S.T., M.Kom

 

 

Dosen Prodi Informatika yang menyelesaikan gelar S.T pada 06 Maret 2004 di Institut Teknologi Bandung dan menyelesaikan M.Kom di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ia kini dipercaya menjabat sebagai Kaprodi Informatika periode 2018-2021. Saat ini ia aktif mengajar dibidang Rekayasa Perangkat Lunak. Tak hanya aktif mengajar dan menjadi Kaprodi, ia juga aktif dalam melakukan penelitian, Sejumlah penelitiannya di bidang Rekayasa Perangkat Lunak dipublikasikan baik dalam bentuk jurnal nasional.

 

email : gitaindah@umm.ac.id

 

2. Agus Eko Minarno, S.kom, M.Kom

 
 
Dosen Prodi Informatika yang bergelut dibidang keamanan jaringan ini menyelesaikan gelar Magisternya pada tahun 2014 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Saat ini ia mengajar bebrapa mata dan lagi ia menjabat sebagai kepala Lab Informatika. tidak hanya aktif mengajar dan menjadi ketua Lab Informatika ia juga aktif dalam melakukan penelitian, adapun beberapa penelitian yang telah terpublis diantaranya adalah ; Texture feature extraction using co-occurrence matrices of sub-band image for batik image classification (2014/5/28), Efficient texture image retrieval of improved completed robust local binary pattern (2016/10/15), Image Retrieval Based on Multi Structure Co-occurrence Descriptor (2016/9/1), Vehicle Classification using Haar Cascade Classifier Method in Traffic Surveillance System (2017/12/15), CBIR of Batik Images Using Micro Structure Descriptor on Android (2018/12/1).
 

email : ekobudi@umm.ac.id

 

3. Ali Sofyan, S.kom, M.Kom

 

 
Dosen Prodi Informatika yang telah menyelesaikan gelar Magisternya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun 2014. Saat ini ia termasuk menjadi salah satu dosen favorit di kalangan mahasiswa karena ia memiliki sikap yang sangat ramah dan murah senyum. Saat ini pun ia masih aktif mengajar dan menjadi instruktur di lab Informatika, adapun mata kuliah yang pernah dia pegang seperti Pemrograman Lanjut, Algoritma dan Struktur Data, Game Multiplayer, Teori Bahasa dan Otomata, Kecerdasan Buatan Untuk Game, dan masih banyak lagi..

email : 

 

4. Aminudin, S.kom, M.Cs

 

 

Dosen Prodi Informatika yang mengajar di bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak dan Keamanan Jaringan ini adalah salah satu alumni informatika UMM yang mencoba menyalurkan kembali ilmu yang telah ia dapatkan selama berada di bangku kuliah, ia menyelesaikan gelar Sarjana di tahun 2009 dan dilanjutkan gelar Magisternya di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2017, ia sudah menjadi Dosen sejak tahun 2011 silam, ditahun tersebut ia mengajar pemograman terstruktur, pemograman web, dan intraksi manusia dan computer, ia juga menjadi instrtruktur di Lab Informatika, sampai sekarangpun ia masih aktif mengajar.

email : 

 

5. Denar Regata Akbi, S.kom, M.Kom

 

 
Dosen prodi Informatika yang mengajar bidang minat Keamanan Jaringan ini adalah salah satu alumni informatika UMM yang mencoba menyalurkan kembali ilmu yang telah ia dapatkan selama berada di bangku kuliah, ia menyelesaikan gelar S1 pada tahun 2010 dan menyelesaikan gelar S2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada tahun 2016. Sesuai dengan bidang minat yang ia pegang, ia mengajar matakuliah yang berhubungan dengan Keamanan Jaringan seperti keamanan jaringan, jaringan wireless, manajemen jaringan dan masih banyak lagi, ia juga menjadi instruktur di Lab Informatika, selain aktif mengajar dan menjadi instruktur ia juga aktif dalam melakukan penelitian yang tentunya penelitian tersebut berhubungan dengan jaringan, penelitian-penelitiannya di publikasikan dengan baik dalam bentuk jurnal. Dan tak lupa ia juga termasuk dosen favorit di kalangan mahasiswa, dikarnakan sifatnya yang ramah dan murah senyum, ia juga mempunyai cara mengajar yang disukai oleh mahasiswa, yaitu dengan langsung mempraktekan apa yang telah ia ucapkan.

email : dnarregata@umm.ac.id

 

6. Diah Risqiwati, S.T, M.T

 

 

Dosen Prodi Informatika yang menyelesaikan gelar Magisternya pada tahun 2013 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini mengajar bidang minat Keamanan Jaringan, ia mulai mengajar sejak tahun 2015 adapun mata kuliah yang ia pegang adalah Keamanan Jaringan, Jaringan Broadband, Jaringan Wireless. Sampai saat ini ia masih aktif dalam mengajar, Ia juga menjadi instruktur di Lab Informatika yang tentunya ia menjadi instruktur yang sesuai dengan bidang minat yang ia pegang saat ini. Tidak hanya aktif dalam mengajar dan menjadi instruktur ia juga aktif dalam melakukan penelitian, penelitian tersebut dipublikasikan kedalam bentuk jurnal nasional.

email : diah.rizqiwati@gmail.com

 

7. Eko Budi Cahyono, S.Kom, M.T

 

 

Dosen Prodi Informatika yang juga menjadi Dosen Wali ini menjadi dosen Prodi Informatika pada tahun 2005, ia menyelesaikan gelar Magister pada tahun 2011 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dikarnakan ia menjadi Dosen Wali maka banyak sekali nasihat yang sangat berkenang di hati mahasiswa oleh karenanya ia sangat dekat dengan mahasiswa. Saat ini ia masih aktif mengajar, adapun mata kuliah yang ia pegang adalah mata kuliah yang berhubungan dengan multimedia seperti grafika computer, pengembangan konten mobile dan masih banyak lagi. Selain aktif mengajar dan menjadi Dosen Wali ia juga aktif dalam melakukan beberapa penelitian, penelitian tersebut di publikasikan dalam bentuk jurnal nasional.

email : 

 

8. Evi Dwi Wahyuni, S.Kom, M.Kom

 

 
Dosen Parodi Informatika ini salah satu alumni Informatika UMM, ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Informatika UMM pada tahun 2009 dan dilanjutkan dengan gelar Magister di tahun 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dosen yang pernah menjadi koordinasi PKN inipun termasuk salah satu dosen favorit dikalangan mahasiswa, ia menjadi dosen favorit karena sifatnya yang ramah dan mudah bergaul dengan mahasiswa, sehingga banyak sekali mahasiswa yang senang kepadanya. Ia menjadi dosen di Informatika UMM pada tahun 2011, mata kuliah yang ia pegang adalah mata kuliah yang berhubungan dengan Rekayasa Perangkat Lunak, ia juga menjadi instruktur di Lab Informatika. Tak hanya aktif dalam mengajar maupun menjadi instruktur ia juga aktif dalam melakukan penelitian, penelitiannya pun dipublikasikan dalam bentuk jurnal.

email : 

 

9. Galih Wasis Wicaksono, S.Kom, M.Cs

 

 
Dosen Prodi Informatika adalah salah satu lulusan informatika UMM yang berprestasi, ia berhasil mendapatkan gelar sarjana pada tahun 2009, UMM tak mau kehilangan salah satu lulusan berprestasinya maka tak tanggung-tanggung UMM langsung merekrutnya menjadi Dosen di Informatika UMM. Pada saat itu ia mengampu mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Data Mining, dan Data Warehouse, disambi menjadi dosen ia melanjutkan kuliah di Universitas Gadjah Mada dan berhasil mendapatkan gelar Magisternya pada tahun 2014, saat ini pun ia masih aktif mengajar dan menjadi instruktur di Lab Informatika. Tidak hanya aktif dalam mengajar ia juga aktif dalam melakukan penelitian, penelitiannya tersebut di publikasikan kedalam bentuk jurnal. Selain itu pada tahun 2017 ia berhasil mendapatkan gold award kategori inventor melalui Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Malaysia, adapun inovasi program komputer yang ia buat ialah 'Sistem Monitoring LPG 3 kg dan Sistem Transaksi Berbasis Mobile' yang berfungsi memantau distribusi LPG 3 Kg berbasis website dan data transaksi melalui mobile apps. Kini ia menjabad sebagai Sekretaris Program Studi I.

email : galih.w.w@umm.ac.id.com

 

10. Hariyadi, S.Kom, M.T

 
 
 

email : 

 

11. Hardianto Wibowo, S.Kom, M.T

 

 
Dosen Prodi Informatika ini adalah salah satu alumni Informatika ia berhasil mendapatkan gelar sarjananya di tahun 2009, dosen yang berkecimpung di dunia Game ini tidak butuh waktu lama untuk menjadi dosen di Informatika UMM ketika lulus ia langsung ditarik menjadi dosen di Informatika UMM, tak puas dengan gelar sarjananya iapun melanjutkan ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk mendapatkan gelar Magisternya dan berhasil mendapatkannya di tahun 2016. Sampai saat ini ia masih mempelajari tentang dunia Game yang tidak ada habisnya, iapun sempat mengembangkan Game beredukasi terhadap anak usia 7-11 tahun, saat ini ia masih aktif mengajar, adapun matakuliah yang pernah ia pegang adalah; virtual reality, pemrograman terstruktur, rekayasa berkomponen, desain dan aplikasi multimedia dan masih banyak lagi, ia juga menjadi instruktur di Lab Informatika. Tidak hanya aktif mengajar ia juga aktif dalam melakukan penelitian, yang mana penelitian tersebut di publikasikan berbentuk jurnal.

email :

 

12. Ir. Ermanu Azizul Hakim, M.T

 

 
Dosen Prodi Informatika yang menyelesaikan gelar Insinyur pada tahun 1990 di Universitas Gadjah Mada dan mendapatkan gelar MT pada tahun 1997 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ia menjadi dosen Prodi Informatika pada tahun 2005, tidak hanya menjadi dosen di Informatika ia juga menjadi Dosen AIK, sampai sekarangpun ia masih aktif dalam mengajar baik itu di Informatika maupun di AIK. Tidak hanya aktif mengajar ia juga aktif melakukan penelitian, yang mana penelitian tersebut di publikasikan berupa jurnal.

email :

 

13. Ilyas Nuryasin, S.Kom, M.Kom

 

 

Dosen Prodi Informatika ini adalah salah satu dari lulusan Informatika UMM, ia mendapatkan gelar sarjannya di tahun 2010, tak perlu butuh waktu lama dalam waktu satu tahun ia sudah ditarik menjadi dosen di Informatika UMM untuk menyalurkan ilmu yang telah ia dapatkan, disambi dengan mengajar ia melanjutkan kuliah di Universitas Islam Indonesia, dan berhasil mendapatkan gelar Magister di tahun 2013. Dosen yang pernah menjadi koordinator PKN dan menjadi pembimbing KKN ini pun masih aktif mengajar di bidang minat Rekayasa Perangkat lunak, iapun menjadi instruktur di Lab Informatika. Tidak hanya aktif mengajar ia juga aktif dalam melakukan penelitian, penelitiannya di publikasi menjadi jurnal.

email :

 

14. Lailatul Husniah, S.T, M.T

 

 

Dosen Prodi Informatika ini mendapatkan gelar Magister pada tahun 2015 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, ia sudah menjadi dosen di Informatika sejak tahun 2007, saat ia menempuh mata kuliah matematika diskrit, praktikum dasar pemrograman, dan komputer grafis. Dosen yang berkecimpung di dunia Game dan identik dengan numerik ini sampai saat ini masih aktif mengajar, ia juga menjadi instruktur di Lab Informatika. Tidak hanya itu ia juga aktif melakukan penelitian, penelitian-penelitiannya dipublikasikan menjadi jurnal. Dan pada tahun 2017 ia berhasil mendapatkan bronze award kategori inventor dan silver award untuk special award, yaitu kategori elevator pitch, Pada event tersebut ia membuat produk game android 'Professor Lenmo' sebagai alat ukur modalitas belajar anak.

email :

 

15. Dr. Ir. Lailis Syafaah,  M.T

 

 

Dosen Prodi Informatika yang juga menjadi Dosen Prodi elektro ini menyelesaikan glar insinyur pada tahun 1988 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan mendapatkan gelar magister pada tahun 2002 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, ia juga menjadi dosen pada tahun 2002 pada saat itu ia masih menjadi dosen elektro dan mulai menjadi dosen informatika pada tahun 2005. Dosen yang pernah menjadi dosen AIK ini masih aktif mengajar baik itu di informatika maupun elektro. Selain aktif mengajar ia juga aktif dalam melakukan penelitian dan penelitiannya tersebut di publikasikan kedalam bentuk jurnal.

email :

 

16. Luqman Hakim, S.Kom

 

 
Dosen Prodi Informatika ini adalah salah satu lulusan Prodi Informatika UMM ia begrhasil mendapatkan gelar Sarjana pada tahun 2009, iapun memutuskan untuk menyalurkan kembali ilmu yang telah ia proleh di masa kuliahnya dan diangkatmenjadi dosen tetap pada tahun 2011, pada saat itu ia dipercaya untuk memegang matakuliah Desain Database. Dosen yang saat ini masih ditugaskan untuk memperbanyak ilmu pengetahuannya ini juga aktif dalam melakukan penelitian, yang mana penelitian tersebut di publikasikan kedalam bentuk jurnal.

email :

 

17. Mahar Faiqurahman, S.Kom, M.T

 

 

Dosen Prodi informatika dan juga yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Studi I di Informatika ini mulai aktif mengajar pada tahun 2008, saat itu ia memegang mata kuliah Pemograman Terstruktur, ia juga menjadi instruktur di Lab Informatika, tidak hanya aktif mengajar dan memberi instruktur ia juga aktif dalam melakukan penelitian, yang mana penelitian tersebut di publikasikan menjadi Conference Papers, dan Journal Articles. Merasa kurang dengan ilmu yang ia dapatkan di bangku kuliah Sarjana, iapun melanjutkan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung dan berhasil menambahkan gelar magister di tahun 2015. Sampai saat ini juga ia masih aktif melakukan aktifitas mengajar.

email : mahar@umm.ac.id

 

18. Maskur, S.Kom, M.Kom

 

 
Dosen Prodi Informatika yang juga menjadi alumni Informatika UMM tahun 2009 ini menyelesaikan gelar Magisternya pada tahun 2013 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ia mulai aktif melakukan aktifitas mengajar pada tahun 2011 pada saat itu ia dipercaya memegang mata kuliah pemograman web. Dosen yang identic dengan web ini selalu dipercaya untuk memegang pemograman web, sampai saat inipun ia masih diberikan kepercayaan tersebut. Dosen pemograman web ini juga sering memberikan project kepada mahasiswa yang bener-bener mau untuk belajar dan pastinya juga memiliki sedikit keahlian dalam bidang pemograman  web. Hal itu dilakukan untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa agar mereka lebih giat lagi dalam belajarrr dan mencobaaa apa yang ia plajari guna mempersiapkan diri untuk lingkungan kerja.

email : maskur.informatika@gmail.com

 

19. Drs. Mohammad Jufri, S.T

 
 
 

email : 

 

20. Nur Hayatin, S.T, M.Kom

 

 

Dosen Prodi Informatika yang sudah dipercaya untuk melakukan aktifitas ngajar mengajar pada tahun 2009 pada saat itu ia sudah dipercaya untuk menangani matakuliah yang berhubungan dengan Bahasa pemograman adapun mata kuliah yang dipercaya ialah Rekayasa Ulang Sistem, Algoritma Dan Struktur Data, ia juga diberi kepercayaan untuk menjadi instruktur di Lab Informatika. Tidak hanya itu dosen yang menyelesaikan gelar Magister di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini juga aktif dalam melakukan penelitian yang mana penelitiannya tersebut di publikasikan menjadi jurnal. Adapun beberapa jurnal yang dipublikasikan seperti; “Pembobotan Kalimat Berdasarkan Fitur Berita dan Trending Issue untuk Peringkasan Multi Dokumen Berita”, dan “K-medoids algorithm on Indonesian Twitter feeds for clustering trending issue as important terms in news summarization”. Saat inipun ia masih aktifdalam melakukan aktifitas mengajar.

email : noorhayatin@umm.ac.id

 

21. Setio Basuki, S.T, M.T

 

 

Dosen Prodi Informatika yang berhasil menyelesaikan gelar Magister di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2015 ini adalah salah satu dosen yang ahli dalam bidang keamanan jaringan namun ia juga bisa beberapa bidang yang berkaitan dengan game. Ia resmi menjadi dosen di Informatika UMM pada tahun 2009, pada saat itu ia diberikan kepercayaan untuk menangani matakuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi Mobile, dan VPN-MPLS. Ia juga dipercaya untuk menjadi instruktur di Lab Informatika. Dosen  yang sangat ketat dengan waktu dan attitude yang baik ini juga aktif dalam melakukan aktifitas penelitian. Beberapa penelitiannya berhasil di publikasikan menjadi jurnal. Saat inipun ia masih aktif melakukan aktifitas mengajar.

email : setiobasuki@umm.ac.id

 

22. Sofyan Arifiyanto, S.Si, M.Kom

 

 
Dosen Prodi Informatika yang berhasil mendapatkan gelar Magister pada tahun 2012 di Universitas Diponegoro ini resmi menjadi Dosen pada tahun 2017. Pada saat itu ia dipercaya menangani mata kuliah Kalkulus, Aljabar Linier dan Matriks, Pengantar Topologi. Bahkan sampai sekarangpun ia masih dipercaya untuk menangani matakuliah tersebut. Dosen yang identic dengan Matematika ini juga aktif dalam melakukan penelitian yang mana penelitian tersebut berhasil dipublikasikan kedalam bentuk jurnal, ia juga dipercaya untuk menjadi Dosen pembimbing Tugas Akhir.

email : 

 

23. Wahyu Andhika Kusuma, S.Kom, M.Kom

 

 
Dosen Prodi Informatika ini adalah salah satu alumni Informatika UMM ia berhasil mendapatkan gelar Sarjana di tahun 2009. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menyalurkan ilmu yang telah ia proleh dibangku kuliah, hanya butuh waktu beberapa bulan saja ia sudah menjadi Dosen tetap di Informatika. Pada saat itu ia di percaya untuk menanganai mata kuliah Interaksi Manusia Komputer. Merasa kurang dengan ilmu yang ia punya iapun melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan berhasil mendapatkan gelar Magister pada tahun 2013. Dosen yang juga aktif di LSO Robotika UMM ini juga aktif dalam melakukan penelitian yang mana penelitian tersebut berhasil dipublikasikan kedalam bentuk jurnal. Dosen yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Program Studi I ini sampai saat inipun ia masih dipercaya untuk menjadi Dosen di Informatika UMM.

email : kusuma.wahyu.a@umm.ac.id2

 

24. Yufiz Azhar, S.Kom, M.Kom

 

 
Dosen Prodi Informatika ini adalah salah satu alumni berprestasi ia berhasil mendapatkan gelar Sarjananya di tahun 2009, Tidak butuh waktu lama baginya untuk menyalurkan ilmu yang telah ia proleh dibangku kuliah, hanya butuh waktu beberapa bulan saja ia sudah menjadi Dosen tetap di Informatika. Pada saat itu ia di percaya untuk menanganai mata kuliah Kecerdasan Buatan. Merasa kurang dengan ilmu yang ia punya iapun melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan berhasil mendapatkan gelar Magister pada tahun 2013. Dosen yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Program Studi II ini juga aktif dalam melakukan penelitian yang mana penelitian tersebut berhasil dipublikasikan kedalam bentuk jurnal. Sampai saat inipun ia masih dipercaya untuk menjadi Dosen di Informatika UMM.

email : yufis@umm.ac.id

 

25. Yuda Monarko, S.Kom, M.Sc

 

 

Dosen Prodi Informatika yang berhasil mendapatkan gelar Magisternya di negara Australia yang lebih tepatnya di Royal Melbourne Institute of Technology pada tahun 2011 ini sudah menjadi Dosen di Informatika setahun setelah berdirinya Prodi Informatika yaitu pada tahun 2006. Pada saat itu ia dipercaya mengampu matakuliah Desain Database dan jaringan komputer data. Ia juga aktif menjadi istruktur di Lab Informatika. dosen yang pernah menjadi Kaprodi Informatika ini juga aktif dalam melakukan penelitian yang mana penelitian tersebut berhasil di publikasikan berupa jurnal maupun Conference Papers, dan sampai saat ini juga ia masih aktif dalam menyalurkan ilmu yang ia miliki.

email : yuda@umm.ac.id

 

26. Zamah Sari, S.T, M.T

 
 

email : zamahsari@umm.ac.id

 

 

Shared: