Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Teknik Informatika UMM ditetapkan berdasarkan hasil analisis penelusuran alumni yang merupakan cerminan dari kebutuhan industri atau dunia kerja, serta berdasarkan kajian keilmuan yang merepresentasikan perkembangan keilmuan bidang teknik informatika di masa yang akan datang.

 

Profil

Deskripsi Profil

Pengembang Game

Bekerja dengan tim mengembangkan dan merancang video game. Mengkoordinasikan tugas kompleks menciptakan video game baru yang memiliki tugas seperti merancang karakter, level, teka-teki, art dan animasi. Software Engineer, Programmer, atau Computer Scientist yang terutama mengembangkan basis kode untuk video game atau perangkat lunak terkait, seperti alat-alat pengembangan game.

Analis dan Perekayasa Jaringan, Administrator Jaringan, dan Pengembang Aplikasi Jaringan

Menganalisis permasalahan, memberikan solusi berupa perekayasaan, pembuatan dan pengelolaan, serta melakukan evaluasi pada sistem jaringan.

Ilmuwan Data

Menganalisis dan mengolah data menjadi suatu informasi dan pengetahuan.

Perekayasa Perangkat Lunak

Melakukan analisa kelayakan pembuatan, penerapan proyek perangkat lunak, analisa kebutuhan, perancangan, pembuatan dan penjaminan kualitas perangkat lunak serta melakukan rekayasa ulang perangkat lunak.

 

Keterampilan Khusus

Mengacu pada kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kekhasan Progam Studi (PS) Teknik Informatika UMM, maka setiap lulusan wajib memiliki keterampilan khusus. Ketrampilan yang dimaksud dikategorikan menjadi empat bidang minat yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem dan Keamanan Jaringan, Game Cerdas dan Sains Data.

1. Keterampilan khusus Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak :

  1. Mampu melakukan analisa untuk memastikan kelayakan proyek dan mengelola proses pembangunan perangkat lunak untuk mengoptimalkan sumber daya.
  2. Mampu menganalisis, merancang serta menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak untuk masalah yang spesifik berdasarkan paradigma tertentu dan membuat dokumentasi perangkat lunak mulai untuk keseluruhan tahap pengembangan.
  3. Mampu melakukan rekayasa ulang perangkat lunak berdasarkan prosedur yang berlaku.
  4. Mampu melakukan prosedur penjaminan perangkat lunak untuk mencapai standar kualitas perangkat lunak yang diharapkan.

2. Keterampilan khusus bidang sistem dan keamanan jaringan :

  1. Mampu melakukan analisis permasalahan untuk perancangan kebutuhan, implementasi maupun konfigurasi, dan evaluasi pada infrastruktur jaringan wireless.
  2. Mampu melakukan penyelidikan untuk mendapatkan bukti berbagai kasus intrusi dalam jaringan dan memberikan solusi untuk mengatasi celah keamanan dalam jaringan
  3. Memiliki kemampuan untuk menerapkan metode dan algoritma tertentu yang digunakan untuk penyerangan dan pengamanan sistem jaringan baik secara nyata maupun simulasi, serta mampu melakukan evaluasi terhadap keamanan sistem jaringan tersebut
  4. Mampu mengimplementasikan dan mengevaluasi algoritma untuk pengamanan data baik yang disimpan dalam unit penyimpanan maupun yang ditransmisikan melalui jaringan komputer
  5. Mampu melakukan analisis kebutuhan dari perangkat lunak jaringan, mengimplementasikan protokol jaringan ke dalam perangkat lunak, serta melakukan evaluasi dari perangkat lunak jaringan tersebut
  6. Mampu melakukan perancangan, implementasi, dan pengujian suatu sistem jaringan yang digunakan untuk peningkatan performansi pada komputasi.
  7. Mampu meningkatkan pemahaman dan implementasi teknologi jaringan baik berupa infrastruktur maupun aplikasi pada jaringan wireline maupun jaringan wireless.

3. Keterampilan khusus Bidang Minat Game Cerdas :

  1. Mampu merancang dan merekayasa game dengan standar perancangan game sehingga hasil rancangan dapat diimplementasikan pihak lain.
  2. Mampu mengaplikasikan keahlian pemrograman game dengan menggunakan game engine.
  3. Menguasai konsep perancangan dan rekayasa dalam membuat game sehingga mampu menganalisis dan membuat dokumen rancangan game
  4. Menguasai konsep pemrograman dalam membuat game sehingga mampu menyelesaikan masalah dalam pemrograman game
  5. Mampu memilih dalam mengimplementasikan metode-metode dalam tahap perekayasaan game berdasarkan sumber daya yang dimiliki
  6. Mampu memilih dan mengimplementasikan algoritma yang sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang muncul dari game yang dirancang dan platform yang digunakan.
  7. Memiliki kemampuan mengatur dan mengendalikan sumber daya yang dimiliki, serta mengevaluasi proses-proses dalam pengembangan game.
  8. Mampu memilih dan menggunakan game engine yang sesuai dengan game yang dirancang dan sumber daya yang dimiliki

4. Keterampilan khusus bidang sains data :

  1. Mampu memilih tool data science yang sesuai untuk proses pengumpulan data, organisasi data dan analisa data.
  2. Mampu mengumpulkan data dan melakukan proses pembersihan data, transformasi data dan validasi data serta membagi data.
  3. Mampu melakukan eksplorasi dan analisa terhadap data dengan menampilkan data dalam bentuk plot, melakukan klasterisasi dan klasifikasi, memilih dimensi data, dan menggunakan teknik dan metode statistik.
  4. Mampu menerapkan teknik machine learning untuk menyelesaikan permasalahan baru, menjalankan evaluasi dan menginterpretasi hasilnya.
  5. Mampu mengkomunikasikan data, baik secara visual maupun tulisan, sehingga informasi yang dihasilkan jadi mudah dimengerti dan bisa dimanfaatkan lebih lanjut untuk keperluan pengambilan keputusan maupun menjawab pertanyaan
  6. Mampu melakukan eksperimen untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari data yang sudah dikumpulkan.
  7. Mahasiswa mampu mengaplikasikan analisa regresi dan time series.
Shared: