Profil

 

 

Program Studi (PS) Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri sejak tahun 2005 dengan Surat Keputusan (SK) Pendirian nomor 647/D/T/2005 tertanggal 3 Maret 2005. Kemudian, ijin penyelenggaraannya diperpanjang berdasarkan SK Penyelenggaraan nomor 7638/D/T/KVII/2011 tertanggal 13 Juni 2011. Program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B pada tahun 2014 yang disahkan dengan terbitnya SK Akreditasi nomor 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014. Secara struktural kelembagaan, PS Teknik Informatika UMM berada di bawah naungan Fakultas Teknik beserta 4 (empat) program studi S1 yang lain, yakni Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.

Program Studi Teknik Informatika mengalami perkembangan yang sangat pesat. Secara umum animo mahasiswa pendaftar dari tahun ke tahun cukup tinggi dan menjadi salah satu program studi favorit di Universitas Muhammadiyah Malang. Pengembangan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan keilmuan, kebutuhan pengguna lulusan dan minat mahasiswa dengan dikelola 4 (empat) bidang minat yaitu:

1. Rekayasa Perangkat Lunak
2. Game Cerdas
3. Sistem dan Keamanan dan Jaringan
4. Sains Data

Pengembangan laboratorium telah dilakukan sehingga tercapainya kebutuhan minimal untuk kegiatan praktikum mahasiswa dengan tersedianya 6 (enam) ruang laboratorium. Program Studi Teknik Informatika telah dipercaya oleh berbagai pihak dalam pengembangan keilmuan, hal ini dibuktikan dengan terbentuknya aliansi dan kemitraan antara Program Studi Teknik Informatika dengan berbagai pihak seperti:

1. Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM)
2. Indonesia Honeynet Project
3. Forum Group Diskusi Teknik (FGDT)
4. Data Science Indonesia (DSI)
5. Berbagai Universitas dalam dan luar negeri.

Shared: