A. Praktek Kerja Nyata (PKN)
Praktek Kerja Nyata (PKN) adalah program praktek kerja di perusahaan/industri/instansi sebagai beban SKS yang harus diikuti oleh mahasiswa di lingkungan Program Studi Informatika untuk melengkapi pengetahuan teori yang diperoleh di bangku perkuliahan. Besarnya kredit PKN menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku yaitu 4 SKS. Konten/materi PKN harus relevan dengan rumpun bidang Teknik Informatika. Pemrograman KRS untuk mata kuliah PKN disarankan sesudah melaksanakan PKN.
Hasil akhir dari PKN adalah Laporan Akhir PKN yang disetujui oleh Pembimbing Lapangan dan Dosen Pembimbing, serta telah mendapat pengesahan dari Koordinator PKN dan Ketua Program Studi. Sertifikat PKN dapat diunduh di sistem ketika peserta telah menyelesaikan kegiatan PKN dan telah menyelesaikan tanggungan yang ada. Pembayaran PKN secara otomatis masuk kedalam tagihan SPP saat telah memprogram PKN di Kartu Rencana Studi.
A.1. Ketentuan Umum PKN
- Peserta Praktek Kerja Nyata adalah mahasiswa aktif Program Studi Informatika yang telah menempuh sekurang-kurangnya 90 SKS, serta telah lulus matakuliah Metode Penelitian.
- Peserta dapat melakukan PKN secara perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal anggota sebanyak 4 (empat) orang.
- Di dalam 1 (satu) kelompok, boleh terdiri dari mahasiswa dengan angkatan yang berbeda.
- Sedangkan bagi Peserta yang melakukan Ekuivalensi PKN tidak ada batasan kelompok ataupun angkatan.
A.2. Waktu Pelaksanaan PKN
- PKN dapat dilaksanakan kapanpun selama tidak mengganggu aktifitas perkuliahan.
- PKN dilaksanakan selama kurang lebih 30 (tiga puluh) hari, apabila lebih harap dipertimbangkan aktifitas perkuliahannya.
- Untuk Peserta yang melakukan ekuivalensi PKN tidak terikat waktu pelaksanaan PKN, karena menyesuaikan aturan Ekuivalensi-nya.
A.3. Lokasi PKN
- PKN dapat dilaksanakan di dalam kota, luar kota, atau luar negeri.
- Lokasi pelaksanaan PKN adalah perusahaan/instansi/industri/lembaga/institusi sejenis yang berbadan hukum, atau usaha rintisan yang kredible berdasarkan hasil evaluasi koordinator PKN.
- Penentuan lokasi untuk PKN difokuskan pada pemberian keterampilan di dalam ranah ilmu komputer, dan tidak lain, dengan persetujuan dari koordinator PKN.
- Bagi peserta yang melaksanakan Ekuivalensi PKN, tidak terikat dengan lokasi PKN.
B. Tugas Akhir (TA)
Pedoman Tugas Akhir Informatika merupakan panduan yang menjelaskan terkait persyaratan, ketentuan dan prosedur tugas akhir pada Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tugas Akhir dibagi ke dalam 4 (empat) skema yaitu (1) Skripsi, (2) Prototipe, (3) Studi Kasus Industri, dan (4) Rekognisi Karya / Prestasi, sehingga Mahasiswa berhak memilih salah satu dari skema yang ada pada Tugas Akhir sesuai dengan minat dan kebutuhan.
B.1. Dasar
Dasar dari Pedoman Tugas Akhir Program Studi Informatika adalah sebagai berikut :
- Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang Nomor : E.2.e/377/FT-UMM/X/2021 terkait Penetapan Daftar Ekuivalensi Karya Kreatif dan Inovatif ke Dalam Kegiatan Kurikuler Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang
- Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang Nomor : E.6/135/FT-UMM/VI/2023 yang menetapkan beberapa hal sebagai berikut :
- Daftar dan inovasi mahasiswa yang diakui dan dapat diekuivalensi sebagai kegiatan kurikuler
- Bentuk ekuivalensi karya dan inovasi mahasiswa
- Pedoman Tugas Akhir Fakultas Teknik yang diterbitkan pada tanggal 31 Oktober 2023
B.2. Tujuan
Tujuan dari Pedoman Tugas Akhir Program Studi Informatika adalah untuk memberikan Pedoman kepada Mahasiswa terkait skema dan pelaksanaan Tugas Akhir di Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang.
B.3. Manfaat
Pedoman Tugas Akhir Program Studi Informatika Fakultas Teknik dapat memberikan gambaran jelas terkait Skema Tugas Akhir, Ketentuan Umum, Persyaratan Tugas akhir, Waktu Pelaksanaan, Prosedur Tugas Akhir, Kerangka Penulisan, Panduan Penulisan, Panduan Umum Isi Proposal dan Laporan Tugas Akhir.
B.4. Skema Tugas Akhir
Skema tugas akhir terdiri dari 4 (empat) skema yaitu Skripsi, Prototipe, Studi Kasus Industri, dan Rekognisi Karya / Prestasi.
- Skripsi
Karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk desain, penelitian, studi kasus dan pemecahan masalah keilmuan pada bidang Informatika yang dikerjakan melalui proses bimbingan secara regular dengan Dosen Pembimbing.
Pada Program Studi Informatika terdapat 4 (empat) bidang minat yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Sistem dan Keamanan Jaringan (SKJ), Game Cerdas (GC), Data Sains (DS). Topik penelitian yang diambil dapat pula dilakukan dengan lintas bidang yang memungkinkan untuk Dosen Pembimbing berasal dari Bidang Minat yang berbeda. - Prototipe
Prototipe atau produk (hardware, software, hasil simulasi) yang relevan dengan bidang ilmu Informatika luaran dari Capstone Design Project sebagai kulminasi proses pembelajaran dengan menerapkan apa yang sudah dipelajari dalam proses pembelajaran. Secara umum Capstone Design Project dibagi ke dalam 2 (dua) tahapan Capstone Design yang terdapat pada semester yang berbeda, bobot setara dengan 6 SKS mata kuliah dengan ketentuan umum sebagai berikut :- Kegiatan Capstone Design Project secara khusus diatur dalam Bidang Minat oleh Koordinator Bidang Minat
- Mahasiswa tetap mengikuti Ketentuan, Persyaratan dan Prosedur Tugas Akhir
- Kegiatan Capstone Design Project lebih detil dijelaskan pada Panduan Capstone Design Project.
- Studi Kasus Industri
Proses pembelajaran untuk memahami aplikasi ilmu keteknikan di suatu Industri (baik manufaktur maupun jasa) dengan menerapkan apa yang sudah dipelajari dan melatih ketrampilan komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan serta bekerja sama dalam tim. Pada Program Studi Informatika studi kasus industri merupakan luaran dari kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) / Magang / MBKM / istilah lain yang sejenis dengan ketentuan umum sebagai berikut :- Mahasiswa telah mengikuti kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) / Magang / MBKM / istilah lain yang sejenis di Industri minimal selama 3 (tiga) bulan
- Melampirkan surat penugasan PMMB / Magang / MBKM / istilah lain yang sejenis dari Dekan Fakultas Teknik atau Wakil Rektor III UMM
- Saat mengikuti kegiatan Magang mengerjakan proyek pada bidang Informatika yang dikerjakan secara mandiri atau secara tim (dengan pembagian tugas yang sesuai dan proporsional)
- Melampirkan surat rekomendasi Pembimbing untuk Capstone Design Project
- Studi Kasus Industri diatur dalam buku “Panduan Pelaksanaan Konversi Karya Inovasi Mahasiswa Program Studi Informatika”.
- Rekognisi Karya / Prestasi
Pengakuan karya yang telah dilakukan oleh mahasiswa yang sesuai dengan ketentuan Program Studi Informatika, rekognisi dilakukan terhadap karya ilmiah, karya kreatif & inovatif, atau prestasi akademik / non-akademik istimewa yang relevan dengan bidang ilmu Informatika, seperti menghasilkan artikel jurnal, menghasilkan HKI, atau juara lomba tingkat nasional atau internasional. Rekognisi Karya / Prestasi diatur dalam buku “Panduan Pelaksanaan Konversi Karya Inovasi Mahasiswa Program Studi Informatika”.
B.7. Daftar Dokumen & Kelengkapan
Tautan
B.8. Kerangka Penulisan Proposal & Laporan Tugas Akhir
Kerangka Proposal Tugas Akhir
- Cover
- Lembar Persetujuan
- Bab I : Pendahuluan
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Batasan Penelitian
- Jadwal Pengerjaan
- Bab II : Tinjauan Pustaka
- Bab III : Metodologi Penelitian
- Daftar Pustaka
- Lampiran
Kerangka Laporan Tugas Akhir
- Cover
- Halaman Judul
- Lembar Persetujuan
- Lembar Pengesahan
- Lembar Pernyataan Keaslian
- Abstrak
- Abstract
- Lembar Persembahan
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Daftar Gambar
- Daftar Tabel
- Daftar Rumus
- Bab I : Pendahuluan
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Batasan Penelitian
- Jadwal Pengerjaan
- Bab II : Tinjauan Pustaka
- Bab III : Metodologi Penelitian
- Bab IV : Hasil dan Pembahasan
- Bab V : Kesimpulan
- Daftar Pustaka
- Lampiran
B.9. Panduan Penulisan
- Kertas Ukuran A4, 80 gram.
- Margin Kiri x atas x kanan x bawah (4 cm x 4 cm x 3 cm x 3 cm)
- Font Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, rata kanan kiri
- Penulisan “Bab” Ukuran 14 Bold Uppecase
- Penulisan “Sub Bab” Ukuran 12 Bold, space after paragraph digunakan hanya pada paragraph akhir sebelum sub bab baru.
- Pustaka yang digunakan minimal 15 pustaka dalam kurun waktu kurang dari 5 (lima) tahun terakhir.
- Digunakan sisi halaman bolak balik
- Penomoran halaman terletak di bagian bawah setiap halaman dengan posisi centre (tengah)
- Bagian awal dari laporan (mulai halaman judul hingga daftar rumus) ditulis dengan forman huruf “I”, bagian isi dari laporan (mulai dari Bab 1 hingga akhir laporan) ditulis dengan penomoran (1, 2, 3, dst)
- Mengikuti template Proposal Tugas Akhir Program Studi Informatika
SIM TA
Dokumen TA
B.10. Jadwal Pendaftaran Sempro, Pleno, dan Sidang
- Setiap Minggu Ke-1 Setiap Bulan : Pendaftaran Sempro
- Setiap Minggu Ke-2 Setiap Bulan : Pendaftaran Pleno (Ekivalensi Karya Ilmiah)
- Setiap Minggu Ke-3 Setiap Bulan : Pendaftaran Sidang Akhir
*) Pendaftaran pada Simanta jika terdapat lebih dari 1 periode pendaftaran (misal sempro dan pleno atau sidang) maka pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan.
B.11. Jadwal Pelaksanaan Sempro, Pleno, dan Sidang Akhir
- Setiap Minggu Ke-2 Setiap Bulan : Pelaksanaan Sempro
- Setiap Minggu Ke-3 Setiap Bulan : Pelaksanaan Sidang Pleno (Ekivalensi Karya Ilmiah)
- Setiap Minggu Ke-4 Setiap Bulan : Pelaksanaan Sidang Akhir
*) Penjadwalan pada Simanta juga dapat berbeda tergantung kebutuhan Prodi
B.12. Jadwal Yudisium dan Wisuda
- Jadwal Yudisium dan Wisuda Mengikuti dari Kalender Akademik (infobaa.umm.ac.id)
- Setiap akan yudisium akan ada pengumuman langsung pada peserta yang lulus sidang akhir pada periode tersebut.