Malang, 20 April 2024 – Pada era digital, fokus utama adalah memastikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Teknologi dan informasi saat ini menjadi kunci untuk mempermudah berbagai aktivitas dan pekerjaan, termasuk administrasi dan layanan publik yang berlaku.
Dalam upaya meningkatkan efisiensi administrasi dan layanan surat menyurat di masyarakat Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Kelompok PMM Gelombang 6 Kelompok 60 dari Universitas Muhammadiyah Malang meluncurkan layanan "Sistem Desa". Langkah ini menjadi langkah progresif dalam mengintegrasikan teknologi untuk mengatasi tantangan administrasi di Desa Watugede.
Proyek layanan “Sistem Desa” kali ini dikembangkan oleh mahasiswa Program Studi Informatika dan Hubungan Internasional:
Misbahul Abror, salah satu anggota PMM mahasiswa Informatika Universitas Muhammadiyah Malang, mengungkapkan bahwa hadirnya layanan "Sistem Desa" bermula dari temuan survei sistem informasi di desa. Temuan tersebut menunjukkan adanya kebutuhan untuk pengembangan sistem administrasi desa. Layanan ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan administrasi dan pelayanan surat menyurat di kalangan masyarakat desa. Selain itu, layanan ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas hidup mereka melalui pelayanan publik yang lebih baik.
Dirinya juga berharap Dengan kehadiran layanan ini, diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif bagi masalah administrasi dan pelayanan surat menyurat di tingkat desa. "Sistem Desa" ini juga menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Watugede melalui pelayanan publik yang lebih baik dan efisien.