Hadapi MBKM dan Pandemi Covid-19 Prodi Informatika UMM Siapkan Strategi Khusus di Tahun 2021

Selasa, 26 Januari 2021 13:33 WIB

Tahun 2020 bisa jadi menjadi tahun yang cukup berat bagi seluruh institusi Pendidikan, termasuk bagi Prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pandemi Covid-19 yang terjadi awal tahun 2020 telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap penyelenggaraan pendidikan khususnya di program studi. Menurut Gita Indah Marthasari, S.T. M.Kom selaku Ketua Program Studi Informatika, selain kegiatan pembelajaran, praktikum dan kegiatan pengembangan iklim akademik di prodi yang dilaksanakan secara daring, beberapa kegiatan pengembangan SDM seperti workshop dan kunjungan industri yang sudah direncanakan di tahun 2020 terpaksa harus ditunda. “Beberapa kegiatan rutin seperti pengenalan mahasiswa baru, kuliah perdana dan kuliah tamu tetap kita laksanakan secara daring” tegas Kaprodi Informatika tersebut.

Menyongsong tahun 2021 Prodi Informatika UMM berupaya mempersiapkan dan melakukan mitigasi terhadap seluruh resiko melalui penyelenggaran Rapat Penyusunan Kegiatan dan Anggaran tahun 2021. Dekan Fakultas Teknik UMM, Dr. Ahmad Mubin dalam sambutannya menegaskan Kembali kesiapan penyelenggaran pendidikan ditengah pandemic Covid-19 agar tidak merugikan mahasiswa namun tetap menjamin mutu dan kualitas pelaksanaan pembelajaran. “Tetap skala prioritas terletak pada kelulusan tepat waktu mahasiswa meskipun ditengah pandemi” pesan Dekan FT UMM dalam sambutannya.

Rapat Penyusunan Kegiatan dan Anggaran pada dasarnya merupakan kegiatan Rutin Prodi Informatika yang dilaksanakan disetiap akhir tahun, akan tetapi pada tahun ini sedikit berbeda karena dilaksanakan dalam kondisi pandemi. Selain itu Prodi Informatika juga dituntut untuk merumuskan kegiatan yang adaptif dengan pelaksanaan Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). MBKM merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat menempuh pembelajaran lintas prodi baik pada perguruan tinggi yang sama maupun pada perguruan tinggi lain. Selain itu mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan seperti magang, asistensi mengajar, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen dan membangun desa/ kuliah kerja nyata tematik.

Penyelenggaraan MBKM mendorong Prodi Informatika UMM untuk membangun kemitraan melalui pendekanan triple helix, dimana Prodi sebagai komponen akademisi bersama industri dan pemerintah memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri melalui 8 skema MBKM. Oleh karena itu di tahun 2021 diharapkan penguatan-penguatan kerjasama dan penyelenggaraan tri dharma pendidikan akan beorientasi pada MBKM.

Prodi Informatika UMM juga berupaya merumuskan kegiatan dan anggaran tahun 2021 dengan berpedoman pada hasil dan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) yang telah ditentukan. Hal ini sebagai perwujudan penyelenggaraan pendidikan yang taat azas dan berbudaya mutu. Selain itu program dan kegiatan yang digagas dan direncanakan di tahun 2021 diselaras dengan tonggak pencapaian (milestone) yang dirumuskan dalam Rencana Strategis Fakultas Teknik dan Rencana Operasional Prodi, pemenuhan tri dharma juga mulai diarahkan pada national competitiveness.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini telah berhasil merumuskan berbagai kegiatan termasuk anggaran beserta indikator yang akan dicapai melalui pelaksanaan kegiatan. Beberapa kegiatan pengembangan sumber daya manusia (SDM), pengembangan riset dan pengabdian yang berskala internasional serta pemenuhan terhadap capaian tri dharma baik oleh dosen maupun mahasiswa coba diinisiasi guna mendorong dan meningkatkan kualitas mahasiswa di Prodi Informatika UMM. Sehingga diharapkan di tahun 2021 seluruh kegiatan yang telah dirancang dapat terlaksana dengan lancar.

Shared: