Persiapkan Riset dan Kerja Sama Internasional, Prodi Informatika UMM inisiasi kolaborasi dengan IUT La Rochelle Prancis

Selasa, 26 Januari 2021 13:23 WIB

 
Tuntutan untuk berkolaborasi dalam penyelenggaraan tri dharma di perguruan tinggi saat ini sudah tertuang didalam banyak kebijakan-kebijakan pemerintah. Tidak sekedar menjalin kerja sama melalui MoU, lebih dari itu kemitraan yang bermuara pada capaian atau outcome menjadi aspek yang saat ini diukur dan dinilai. Terlebih sejak diluncurkannya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), maka perguruan tinggi khususnya program studi dituntut untuk mampu dan siap membangun kemitraan baik dengan perguruan tinggi lain, pemerintah maupun dengan industri.
 
Guna membangun kemitraan dengan perguruan tinggi di luar negeri, Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada tanggal 14 Januari 2021 mengadakan kegiatan Virtual Meeting for Research and Collaboration dengan Department Informatique IUT La Rochelle Perancis. Pertemuan ini dihadiri oleh Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan Dosen di lingkungan Fakultas Teknik dan Prodi Informatika UMM. Sedangkan perwakilan dari IUT La Rochelle dihadiri oleh Wakil Ketua, Ketua Program Riset dan Bagian Kerja Sama Internasional.
 
IUT La Rochelle merupakan bagian dari Universitas La Rochelle. IUT La Rochelle merupakan sekolah vokasi yang menghasilkan tenaga-tenaga professional siap kerja. Univ. La Rochelle termasuk dalam jajaran perguruan tinggi di Perancis dengan usia yang masih cukup baru, yakni sekitar 28 tahun namun berkembang pesat dan sangat dinamis. Memiliki Kerjasama dengan beberapa negara di asia seperti Cina, Korea Selatan, Vietnam dan Malaysia, hal tersebut disampaikan oleh Yacine Ghamri-Doudane sebagai Ketua Program Riset. “Univ La Rochelle telah berpengalaman membangun kemitraan baik dalam kegiatan pembelajaran maupun pertukaran pelajar dan memliki sekitar 8700 mahasiswa, terdiri atas program sarjana, master dan doctoral” tambahnya. 
 
Salah satu bagian dari Universitas La Rochelle ialah IUT La Rochelle yang merupakan sekolah vokasi. Hadir dalam virtual meeting perwakilan dari Univ. La Rochelle dan IUT La Rochelle Annick Lassus dan Cyril Faucher sebagai wakil ketua dari IUT La Rochelle, Pauline Jousseaume sebagai International Relations of IT Dept, dan. 
 
IUT La Rochelle telah mengembangkan program magang industri sejak lama, menurut wakil ketua Departement Informatique IUT La Rochelle Annick Lassus, mereka memiliki model tutor project, dimana topik project diberikan/disediakan oleh industri, kemudian universitas akan mengelola project tersebut untuk dikerjakan oleh mahasiswa. “Departement Informatique IUT La Rochelle memiliki 3 program professional yakni full stack mobile development, full stack web development dan Internet of things” jelas Annick.
 
 
Melalui presentasi singkat, Gita Indah Marthasari Ketua Prodi Informatika UMM menyampaikan bahwa UMM sangat terbuka dengan kegiatan kerja sama seperti student mobility, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi internasional selain itu Prodi Informatika UMM juga membuka peluang untuk penyelenggaraan bersama kompetisi internasional. IUT La Rochelle segera menyambut baik tawaran Informatika UMM tersebut dengan membuka peluang Kerjasama seperti inisiasi kelas internasional, riset dan pengabdian kepada masyarakat, juga termasuk kolaborasi dalam penyelenggaran international conference.
 
Di akhir sesi, perwakilan dari pengelola jurnal di bawah Prodi Informatika UMM yakni Jurnal Kinetik dan Jurnal Repositor juga menyampaikan keinginan untuk dapat berkolaborasi dengan IUT La Rochelle dan Universitas La Rochelle. Agus Eko Minarno Editor in Chief dari Jurnal Kinetik mengharapkan nantinya bisa ada tindak lanjut baik dalam bentuk invited author maupun invited reviewer dari kedua perguruan tinggi.

Shared: