Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai salah satu program studi yang unggul dan terdepan dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi telah merumuskan kurikulum yang relevan dengan KKNI dan sejalan dengan berkembangan keilmuan sampai dengan 10 tahun kedepan.
A. Mata Kuliah Wajib
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
120370044 |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 1 |
1 |
1 |
2 |
2 |
||
2 |
120374906 |
Receptive Skills of ESP |
2 |
1 |
6 |
6 |
||
3 |
120371708 |
Olahraga |
2 |
1 |
4 |
4 |
||
4 |
120374801
|
Pemrograman Dasar |
4 |
1 |
6 |
4 |
2 |
|
5 |
120371717
|
Organisasi dan Arsitektur Komputer |
3 |
1 |
3 |
3 |
||
6 |
210371875 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
1 |
2 |
2 |
||
7 |
12037579 |
Kalkulus |
2 |
1 |
2 |
2 |
||
8 |
120371970 |
Pengantar Teknologi Informasi |
2 |
1 |
2 |
2 |
||
Total SKS Semester I |
18 |
27 |
21 |
2 |
4 |
|||
1 |
120370045 |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 2 |
1 |
2 |
2 |
2 |
||
2 |
120374907 |
Productive Skills of ESP |
2 |
2 |
6 |
6 |
||
3 |
320371488 |
Matematika Diskrit |
4 |
2 |
4 |
4 |
||
4 |
320374574 |
Logika dan Komputasi |
2 |
2 |
2 |
2 |
||
5 |
320374885 |
Interaksi Manusia Komputer |
3 |
2 |
3 |
3 |
||
6 |
320371834 |
Pemrograman Lanjut |
2 |
2 |
4 |
2 |
2 |
|
7 |
320374575 |
Pemrograman Berorientasi Obyek |
3 |
2 |
5 |
3 |
2 |
|
8 |
210370056 |
Aljabar Linear dan Matriks |
2 |
2 |
2 |
2 |
||
Total SKS Semester II |
19 |
28 |
24 |
4 |
0 |
|||
1 |
320374884 |
Algoritma Pemrograman |
2 |
3 |
2 |
2 |
2 |
|
2 |
320370703 |
Grafika Komputer |
2 |
3 |
2 |
2 |
||
3 |
320372798 |
Struktur Data |
3 |
3 |
5 |
3 |
2 |
|
4 |
320371217 |
Komunikasi Data |
3 |
3 |
5 |
3 |
2 |
|
5 |
320372731 |
Statistik dan Probabilitas |
4 |
3 |
4 |
4 |
||
6 |
210371578 |
Metode Numerik |
2 |
3 |
2 |
2 |
||
7 |
310371159 |
Kewarganegaraan |
2 |
4 |
2 |
2 |
||
Total SKS Semester III |
18 |
22 |
18 |
6 |
0 |
|||
1 |
310372623 |
Sistem Informasi |
2 |
4 |
2 |
2 |
||
2 |
310372641 |
Sistem Operasi |
4 |
4 |
6 |
4 |
2 |
|
3 |
320370233 |
Basisdata |
5 |
4 |
7 |
5 |
2 |
|
4 |
320371837 |
Pemrograman Web |
3 |
4 |
5 |
3 |
2 |
|
5 |
320374092 |
Pemrograman Mobile |
3 |
4 |
5 |
3 |
2 |
|
Total SKS Semester IV |
17 |
25 |
17 |
8 |
0 |
|||
1 |
120370046 |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 3 |
1 |
3 |
2 |
2 |
||
2 |
610370189 |
Bahasa Indonesia |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
3 |
320374576 |
Kewirausahaan Berbasis Teknologi |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
4 |
320371056 |
Kecerdasan Buatan |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
5 |
320371830 |
Pemrograman Fungsional |
2 |
5 |
2 |
2 |
2 |
|
6 |
320374577 |
Pengantar Game |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
7 |
320373672 |
Jaringan Komputer |
3 |
5 |
4 |
2 |
2 |
|
8 |
320373674 |
Penulisan Ilmiah |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
9 |
320372511 |
Rekayasa Perangkat Lunak |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
10 |
320373673 |
Teori Bahasa Otomata |
2 |
5 |
2 |
2 |
||
Total SKS Semester V |
20 |
20 |
18 |
4 |
0 |
|||
1 |
120370047 |
Al Islam dan Kemuhammadiyahan 4 |
1 |
4 |
2 |
2 |
||
2 |
120374578
|
Piranti Cerdas |
2 |
6 |
2 |
2 |
2 |
|
3 |
320371583
|
Metode Penelitian |
3 |
6 |
3 |
3 |
||
4 |
320374579 |
Keamanan dan Keselamatan Kerja |
2 |
8 |
2 |
2 |
||
5 |
Mata Kuliah Bidang Minat |
12 |
6 |
|||||
Total SKS Semester VI |
20 |
7 |
7 |
2 |
0 |
|||
1 |
320374243 |
Pra Skripsi |
3 |
7 |
3 |
3 |
||
2 |
320374886 |
Etika dan Profesi |
3 |
7 |
3 |
3 |
||
3 |
Mata Kuliah Bidang Minat |
12 |
6 |
|||||
Total SKS Semester VII |
18 |
6 |
6 |
0 |
0 |
|||
1 |
520371260 |
Kuliah Kerja Nyata |
4 |
8 |
16 |
16 |
||
2 |
520372256 |
Praktek Kerja Nyata |
4 |
8 |
8 |
8 |
||
3 |
520372666 |
Skripsi |
6 |
8 |
24 |
24 |
||
Total SKS Semester VIII |
14 |
48 |
0 |
0 |
48 |
|||
Total SKS Program Studi Informatika UMM |
144 |
183 |
111 |
26 |
52 |
B. Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320371438 |
Manajemen Proyek Perangkat Lunak |
4 |
6 |
4 |
3 |
2 |
|
2 |
320373679 |
Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak |
4 |
7 |
4 |
3 |
2 |
|
3 |
320372515 |
Rekayasa Ulang Sistem |
4 |
7 |
4 |
4 |
|
|
Total |
12 |
|
12 |
10 |
4 |
0 |
C. Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Sistem dan Keamanan Jaringan
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320374581 |
Jaringan Nirkabel |
3 |
6 |
3 |
3 |
|
|
2 |
320373269 |
Keamanan Jaringan |
3 |
6 |
3 |
2 |
2 |
|
3 |
320374582 |
Sistem Terdistribusi |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
4 |
320373681 |
Manajemen Jaringan |
3 |
7 |
3 |
2 |
2 |
|
Total |
12 |
|
12 |
10 |
4 |
0 |
D. Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Sains Data
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320374585 |
Data, Informasi dan Pengetahuan |
2 |
6 |
2 |
2 |
|
|
2 |
320374586 |
Penggalian Data |
4 |
6 |
4 |
3 |
2 |
|
3 |
320374590 |
Analisis Big Data |
2 |
7 |
2 |
2 |
|
|
4 |
320374591 |
Pembelajaran Mesin |
4 |
7 |
4 |
3 |
2 |
|
Total |
12 |
|
12 |
10 |
4 |
0 |
E. Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Game Cerdas
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320374594 |
Desain Game |
6 |
6 |
6 |
5 |
2 |
|
2 |
120374596 |
Pemrograman Game Lanjut |
6 |
7 |
6 |
5 |
2 |
|
Total |
12 |
|
12 |
10 |
4 |
0 |
F. Mata Kuliah Pilihan Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320374580 |
Desain Perangkat Lunak |
4 |
6 |
4 |
4 |
|
|
2 |
320373678 |
Rekayasa Kebutuhan |
4 |
6 |
4 |
4 |
0 |
|
3 |
320373693 |
Rekayasa Interaksi |
4 |
7 |
4 |
4 |
|
|
Total |
12 |
|
12 |
12 |
0 |
0 |
G. Mata Kuliah Pilihan Bidang Minat Sistem dan Keamanan Jaringan
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320373689 |
Kriptografi |
3 |
6 |
3 |
3 |
|
|
2 |
320373682 |
Pemrograman Jaringan |
3 |
6 |
3 |
3 |
|
|
3 |
320373683 |
Internet Forensik |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
4 |
320374583 |
Pemrograman Paralel |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
5 |
320374584 |
Jaringan Sensor Nirkabel |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
Total |
15 |
|
15 |
15 |
0 |
0 |
H. Mata Kuliah Pilihan Bidang Minat Sains Data
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
320374587 |
Pemodelan dan Simulasi Data |
2 |
6 |
2 |
2 |
|
|
2 |
320374588 |
Penalaran Komputer |
2 |
6 |
2 |
2 |
|
|
3 |
320374589 |
Pemrosesan Bahasa Alami |
2 |
6 |
2 |
2 |
|
|
4 |
320374592 |
Temu Kembali Informasi |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
5 |
320374593 |
Temu Kembali Citra |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
Total |
12 |
|
12 |
12 |
0 |
0 |
I. Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Game Cerdas
No |
Kode |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
JS |
SAJIAN |
||
TM |
P |
LAP |
||||||
1 |
120373676 |
Pemrograman Game |
3 |
6 |
3 |
3 |
|
|
2 |
120374595 |
Penulisan Desain Game |
3 |
6 |
3 |
3 |
|
|
3 |
120374597 |
Rekayasa Game |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
4 |
120374598 |
Proyek Game |
3 |
7 |
3 |
3 |
|
|
Total |
12 |
|
12 |
12 |
0 |
0 |