MBKM

Sebelum membaca text dibawah sampai selesai, kegiatan MBKM semester depan hanya ditujukan untuk angkatan 2019 dan 2020. Terima kasih.

MBKM Kemendikbudristek

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Salah satu program dari kebijakan MBKM adalah hak belajar tiga semester di luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi. Melalui skema ini, mahasiswa dikondisikan untuk melakukan setidaknya empat hal, yaitu: a) menentukan secara otonom pengalaman belajar yang akan ditempuh, b) berpikir dan bersikap lintas disiplin (interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner), c) mengembangkan hard skill dan soft skill, serta d) meningkatkan pengalaman belajar di luar perkuliahan. Panduan MBKM Kemendikbudristek dapat di unduh disini.

8 Bentuk kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Terdapat Sembilan Program MBKM yang ditawarkan bagi mahasiswa mencakup:

  1. Magang Berserifikat
  2. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
  3. Asistensi Penelitian/Riset
  4. Proyek Kemanusiaan
  5. Penanggulangan Bencana
  6. Kegiatan Wirausaha
  7. Proyek Independen
  8. Studi Independen
  9. Membangun Desa

Untuk mendukung kegiatan MBKM di kampus, Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan ekuivalensi Mata Kuliah (MK) yang sesuai dengan kegiatan yang diikuti. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan MBKM ini, yaitu:

  1. Pada saat pendaftaran, minimal Mahasiswa sedang menempuh semester 5
  2. Tidak diperkenankan mendaftar MBKM tanpa surat rekomendasi dari Prodi, apabila tidak menggunakan surat rekomendasi, maka Mahasiswa ybs tidak akan mendapatkan konversi MK dan surat tugas MBKM beserta pembimbingnya
  3. Tidak sedang menempuh KKN/magang/PKN atau kegiatan lainnya yang sejenis
  4. Maksimal SKS yang dapat diambil di Prodi saat mengikuti MBKM adalah 6 SKS
  5. Maksimal konversi MK adalah 19 SKS
  6. Syarat dan ketentuan lainnya akan diinformasikan melalui website Prodi

Untuk informasi pendaftaran MBKM Prodi dapat dilihat di web MBKM dan Prodi, Informasi sesuai dengan waktu pembukaan pendaftaran MBKM oleh Kemendikbudristek.

List MK konversi dari kegiatan MBKM yang telah disetujui oleh Program Studi dapat di download disini. List konversi MK dari kegiatan MBKM lain yang belum terdaftar pada dokumen tersebut masih dalam proses review Prodi. Informasi konversi dapat menghubungi Koordinator MBKM Prodi. 

INFO PENTING

Untuk mengikuti kegiatan MBKM di Program Studi Informatika, Mahasiswa Informatika UMM wajib mendaftar dan mengikuti alur MBKM yang di sistem PKN-MBKM Program Studi melalui link http://simpkn-informatika.umm.ac.id dan memilih menu MBKM. Untuk mengakses sistem ini, Mahasiswa dapat menggunakan NIM dan PIC yang sama seperti menggunakan InfoKHS. Harap dibaca panduan sistem dengan baik dan seksama, karena berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan MBKM ini. Terima kasih.

 

Shared: