Praktek Kerja Nyata

Praktek Kerja Nyata (PKN) adalah program praktek kerja di perusahaan/industri/instansi sebagai beban SKS yang harus diikuti oleh mahasiswa di lingkungan Program Studi Informatika untuk melengkapi pengetahuan teori yang diperoleh di bangku perkuliahan. Besarnya kredit PKN menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku yaitu 4 SKS. Konten/materi PKN harus relevan dengan rumpun bidang Teknik Informatika. Pemrograman KRS untuk MK PKN disarankan sesudah melaksanakan PKN (hanya diperbolehkan mengambil satu kali saja selama menjadi Mahasiswa Informatika UMM).

Hasil akhir dari PKN adalah Laporan Akhir PKN yang disetujui oleh Pembimbing Lapangan dan Dosen Pembimbing, serta telah mendapat pengesahan dari Koordinator PKN dan Ketua Program Studi. Sertifikat PKN dapat diunduh di sistem ketika peserta telah menyelesaikan kegiatan PKN dan telah menyelesaikan tanggungan yang ada. Pembayaran PKN secara otomatis masuk kedalam tagihan SPP saat telah memprogram PKN di Kartu Rencana Studi.

Ketentuan Umum PKN:

  • Peserta Praktek Kerja Nyata adalah mahasiswa aktif Program Studi Informatika yang telah menempuh sekurang-kurangnya 90 SKS, serta telah lulus matakuliah Metode Penelitian.
  • Peserta dapat melakukan PKN secara perorangan atau berkelompok dengan jumlah maksimal anggota sebanyak 4 (empat) orang.
  • Di dalam 1 (satu) kelompok, boleh terdiri dari mahasiswa dengan angkatan yang berbeda.
  • Sedangkan bagi Peserta yang melakukan Ekuivalensi PKN tidak ada batasan kelompok ataupun angkatan.

Waktu Pelaksanaan PKN:

  • PKN dapat dilaksanakan kapanpun selama tidak mengganggu aktifitas perkuliahan.
  • PKN dilaksanakan selama kurang lebih 30 (tiga puluh) hari, apabila lebih harap dipertimbangkan aktifitas perkuliahannya.
  • Untuk Peserta yang melakukan ekuivalensi PKN tidak terikat waktu pelaksanaan PKN, karena menyesuaikan aturan Ekuivalensi-nya.

Lokasi PKN:

  • PKN dapat dilaksanakan di dalam kota, luar kota, atau luar negeri.
  • Lokasi pelaksanaan PKN adalah perusahaan/instansi/industri/lembaga/institusi sejenis yang berbadan hukum, atau usaha rintisan yang kredible berdasarkan hasil evaluasi koordinator PKN.
  • Penentuan lokasi untuk PKN difokuskan pada pemberian keterampilan di dalam ranah ilmu komputer, dan tidak lain, dengan persetujuan dari koordinator PKN.
  • Bagi peserta yang melaksanakan Ekuivalensi PKN, tidak terikat dengan lokasi PKN.

Untuk informasi ekuvalensi PKN lebih lengkapnya dapat dilihat di https://informatika.umm.ac.id/id/pages/program-ekuivalensi-mahasiswa.html. Dan semua ekuivalensi PKN dapat dilakukan disistem PKN informatika yaitu https://simpkn-informatika.umm.ac.id/login. Sedangkan panduan PKN dapat di lihat pada link berikut ini panduan.

Informasi SIM PKN baru:

SIM PKN yang baru sudah dapat digunakan dan dapat diakses melalui link https://simpkn-informatika.umm.ac.id/login. SIM PKN yang baru ditujukan untuk semua mahasiswa Informatika UMM yang sedang PKN ataupun hendak PKN. Bagi mahasiswa sudah menyelesaikan PKN menggunakan sistem yang lama, saat masih bisa diakses untuk mendownload sertifikat PKN. Untuk mengakses SIM PKN yang baru dapat menggunakan NIM dan PIC yang biasa digunakan untuk mengakses InfoKHS. Harap memilih menu PKN untuk kegiatan PKN. Harap dibaca panduan SIM PKN dengan seksama, karena ini berhubungan dengan alur PKN yang akan dilakukan mendatang. Untuk alur migrasi SIM PKN lama ke SIM yang baru dapat dilihat pada poster dibawah ini. Selain itu pula, apabila ada yang hendak melakukan konversi PKN dari kegiatan magang atau MBKM, dapat melihat alur pada poster dibawah ini.

Alur migrasi SIM yang lama ke SIM yang baru:

Alur Ekuvalensi PKN di SIM yang baru