Tugas Akhir

  1. PENDAHULUAN

    Pedoman Tugas Akhir Informatika merupakan panduan yang menjelaskan terkait persyaratan, ketentuan dan prosedur tugas akhir pada Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tugas Akhir dibagi ke dalam 4 (empat) skema yaitu Skripsi, Prototipe, Studi Kasus Industri, dan Rekognisi Karya / Prestasi, sehingga Mahasiswa berhak memilih salah satu dari skema yang ada pada Tugas Akhir sesuai dengan minat dan kebutuhan.
  2. DASAR

    Dasar dari Pedoman Tugas Akhir Program Studi Informatika adalah sebagai berikut : 
    1. Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang Nomor : E.2.e/377/FT-UMM/X/2021 terkait Penetapan Daftar Ekuivalensi Karya Kreatif dan Inovatif ke Dalam Kegiatan Kurikuler Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang
    2. Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang Nomor : E.6/135/FT-UMM/VI/2023 yang menetapkan beberapa hal sebagai berikut : 
      1. Daftar dan inovasi mahasiswa yang diakui dan dapat diekuivalensi sebagai kegiatan kurikuler
      2. Bentuk ekuivalensi karya dan inovasi mahasiswa
    3. Pedoman Tugas Akhir Fakultas Teknik yang diterbitkan pada tanggal 31 Oktober 2023
  3. TUJUAN

    Tujuan dari Pedoman Tugas Akhir Program Studi Informatika adalah untuk memberikan Pedoman kepada Mahasiswa terkait skema dan pelaksanaan Tugas Akhir di Program Studi Informatika  Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang.

  4. MANFAAT

    Pedoman Tugas Akhir Program Studi Informatika Fakultas Teknik dapat memberikan gambaran jelas terkait Skema Tugas Akhir, Ketentuan Umum, Persyaratan Tugas akhir, Waktu Pelaksanaan, Prosedur Tugas Akhir, Kerangka Penulisan, Panduan Penulisan, Panduan Umum Isi Proposal dan Laporan Tugas Akhir.

  5. SKEMA TUGAS AKHIR

    Skema tugas akhir terdiri dari 4 (empat) skema yaitu Skripsi, Prototipe, Studi Kasus Industri, dan Rekognisi Karya / Prestasi.
    1. Skripsi

      Karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk desain, penelitian, studi kasus dan pemecahan masalah keilmuan pada bidang Informatika yang dikerjakan melalui proses bimbingan secara regular dengan Dosen Pembimbing.
      Pada Program Studi Informatika terdapat 4 (empat) bidang minat yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Sistem dan Keamanan Jaringan (SKJ), Game Cerdas (GC), Data Sains (DS). Topik penelitian yang diambil dapat pula dilakukan dengan lintas bidang yang memungkinkan untuk Dosen Pembimbing berasal dari Bidang Minat yang berbeda. 
    2. Prototipe 

      Prototipe atau produk (hardware, software, hasil simulasi) yang relevan dengan bidang ilmu Informatika luaran dari Capstone Design Project sebagai kulminasi proses pembelajaran dengan menerapkan apa yang sudah dipelajari dalam proses pembelajaran. Secara umum Capstone Design Project dibagi ke dalam 2 (dua) tahapan Capstone Design yang terdapat pada semester yang berbeda, bobot setara dengan 6 SKS mata kuliah dengan ketentuan umum sebagai berikut :
      1. Kegiatan Capstone Design Project secara khusus diatur dalam Bidang Minat oleh Koordinator Bidang Minat
      2. Mahasiswa tetap mengikuti Ketentuan, Persyaratan dan Prosedur Tugas Akhir
      3. Kegiatan Capstone Design Project lebih detil dijelaskan pada Panduan Capstone Design Project.
    3. Studi Kasus Industri

      Proses pembelajaran untuk memahami aplikasi ilmu keteknikan di suatu Industri (baik manufaktur maupun jasa) dengan menerapkan apa yang sudah dipelajari dan melatih ketrampilan komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan serta bekerja sama dalam tim. Pada Program Studi Informatika studi kasus industri merupakan luaran dari kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) / Magang / MBKM / istilah lain yang sejenis dengan ketentuan umum sebagai berikut : 
      1. Mahasiswa telah mengikuti kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) / Magang / MBKM / istilah lain yang sejenis di Industri minimal selama 3 (tiga) bulan
      2. Melampirkan surat penugasan PMMB / Magang / MBKM / istilah lain yang sejenis dari Dekan Fakultas Teknik atau Wakil Rektor III UMM
      3. Saat mengikuti kegiatan Magang mengerjakan proyek pada bidang Informatika yang dikerjakan secara mandiri atau secara tim (dengan pembagian tugas yang sesuai dan proporsional)
      4. Melampirkan surat rekomendasi Pembimbing untuk Capstone Design Project 
      5. Studi Kasus Industri diatur dalam buku “Panduan Pelaksanaan Konversi Karya Inovasi Mahasiswa Program Studi Informatika”. 
    4. Rekognisi Karya / Prestasi

      Pengakuan karya yang telah dilakukan oleh mahasiswa yang sesuai dengan ketentuan Program Studi Informatika, rekognisi dilakukan terhadap karya ilmiah, karya kreatif & inovatif, atau prestasi akademik / non-akademik istimewa yang relevan dengan bidang ilmu Informatika, seperti menghasilkan artikel jurnal, menghasilkan HKI, atau juara lomba tingkat nasional atau internasional. Rekognisi Karya / Prestasi diatur dalam buku “Panduan Pelaksanaan Konversi Karya Inovasi Mahasiswa Program Studi Informatika”.
  6. KETENTUAN UMUM

    1. Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah mahasiswa dengan kegiatan penelitian atau desain orisinil dan terbimbing oleh Dosen Pembimbing yang relevan.
    2. Tugas Akhir sebagai tolak ukur bahwa mahasiswa mengaplikasikan pengalaman belajar yang didapatkan dari perkuliahan untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang informatika dengan analisis dan identifikasi secara logis dan sistematis sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
    3. Terdapat 4 (empat) jenis Tugas Akhir yaitu Skripsi, Prototipe , Studi Kasus Industri, dan Rekognisi Karya / Prestasi.
    4. Lingkup Tugas Akhir meliputi empat bidang minat, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) , Data Sains (DS), Sistem dan Keamanan Jaringan (SKJ), dan Game Cerdas (GC).
    5. Mahasiswa diharapkan memilih topik Tugas Akhir sesuai dengan bidang minat yang ditekuni.
    6. Luaran dari Tugas Akhir berupa hasil penelitian / aplikasi, laporan Tugas Akhir, serta publikasi Nasional / Internasional. 
    7. Peserta Tugas Akhir memahami dan mengikuti persyaratan serta prosedur yang ditetapkan.
  7. PERSYARATAN UMUM TUGAS AKHIR

    1. Mahasiswa aktif pada semester berjalan
    2. Mengikuti prosedur Tugas Akhir
    3. Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang teori dan konsep yang relevan, memastikan orisinalitas penelitian, bebas dari plagiarisme, jujur, memahami kode etik serta dapat merencanakan dan mengatur waktu dengan untuk menyelesaikan Tugas Akhir tepat waktu.
  8. PROSEDUR TUGAS AKHIR

  9. DAFTAR DOKUMEN DAN KELENGKAPAN (Tautan : Folder dokumen & kelengkapan)

    • TA-001 (Form Rekomendasi Judul Tugas Akhir) 
    • TA-002 (Form Berita Acara Seminar Proposal Tugas Akhir)
    • TA-004 (Form Asistensi Tugas Akhir)
    • TA-005 (Form Check List Persyaratan Ujian TA)
    • TA-006 (Formulir Biodata untuk pencetakan Ijazah)
    • TA-007 (Form penilaian pembimbing TA)
    • TA-008 (Form Berita Acara Ujian TA)
    • TA-009 (Form penilaian Penguji TA) 
    • TA-010 (Form cek plagiarisme)
    • TA-011 (Form lembar kendali seminar hasil TA)
    • TA-012 (Form Pendaftaran Seminar Hasil TA)
    • TA-013 (Form Berita Acara Seminar Hasil)
    • TA-014 (Tautan : Tanda Terima Bukti Pengiriman Artikel)
  10. KERANGKA PENULISAN PROPOSAL DAN LAPORAN TUGAS AKHIR

    1. Kerangka Proposal Tugas Akhir 
      1. Cover
      2. Lembar Persetujuan
      3. Bab I : Pendahuluan
        • Latar Belakang 
        • Rumusan Masalah 
        • Tujuan Penelitian 
        • Batasan Penelitian
        • Jadwal Pengerjaan
      4. Bab II : Tinjauan Pustaka 
      5. Bab III : Metodologi Penelitian 
      6. Daftar Pustaka
      7. Lampiran 
    2. Kerangka Laporan Tugas Akhir
      1. Cover
      2. Halaman Judul
      3. Lembar Persetujuan
      4. Lembar Pengesahan
      5. Lembar Pernyataan Keaslian
      6. Abstrak
      7. Abstract 
      8. Lembar Persembahan
      9. Kata Pengantar
      10. Daftar Isi
      11. Daftar Gambar
      12. Daftar Tabel
      13. Daftar Rumus
      14. Bab I : Pendahuluan
        • Latar Belakang
        • Rumusan Masalah
        • Tujuan Penelitian
        • Batasan Penelitian
        • Jadwal Pengerjaan
      15. Bab II : Tinjauan Pustaka
      16. Bab III : Metodologi Penelitian 
      17. Bab IV : Hasil dan Pembahasan
      18. Bab V : Kesimpulan
      19. Daftar Pustaka
      20. Lampiran 
  11. PANDUAN PENULISAN

    1. Kertas Ukuran A4, 80 gram.
    2. Margin Kiri x atas x kanan x bawah (4 cm x 4 cm x 3 cm x 3 cm)
    3. Font Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, rata kanan kiri
    4. Penulisan “Bab” Ukuran 14 Bold Uppecase
    5. Penulisan “Sub Bab” Ukuran 12 Bold, space after paragraph digunakan hanya pada paragraph akhir sebelum sub bab baru.
    6. Pustaka yang digunakan minimal 15 pustaka dalam kurun waktu kurang dari 5 (lima) tahun terakhir. 
    7. Digunakan sisi halaman bolak balik
    8. Penomoran halaman terletak di bagian bawah setiap halaman dengan posisi centre (tengah)
    9. Bagian awal dari laporan (mulai halaman judul hingga daftar rumus) ditulis dengan forman huruf “I”, bagian isi dari laporan (mulai dari Bab 1 hingga akhir laporan) ditulis dengan penomoran (1, 2, 3, dst)
    10. Mengikuti template Proposal Tugas Akhir Program Studi Informatika
  12. PANDUAN UMUM ISI PROPOSAL DAN LAPORAN TUGAS AKHIR

    1. Pada dasarnya Proposal merupakan tahap awal pada proses Tugas Akhir secara keseluruhan untuk semua jenis Tugas Akhir (Skripsi, Prototipe / Capstone Design Project, Studi Kasus Industri, Rekognisi Karya / Prestasi.
    2. Laporan Tugas Akhir merupakan luaran akhir dari semua jenis Tugas Akhir sehingga Kerangka Laporan Tugas Akhir lengkap, tidak seperti Proposal Tugas Akhir yang hanya sampai Bab 3 (Metodologi Penelitian)
    3. Bagian awal dari laporan adalah mulai dari Halaman Judul hingga Daftar Rumus, dan bagian isi dari laporan adalah mulai dari Bab 1 hingga akhir laporan.
    4. Bab I Pendahuluan berisi 
      1. Latar Belakang
        Pada sub bab latar belakang dijelaskan dasar dilakukannya peneltian meliputi hipotesis penelitian yang diperoleh dari observasi awal penelitian, analisis berdasarkan kajian terdahulu, .. . Latar belakang penelitian juga dituliskan secara 
      2. Rumusan Masalah
        Rumusan masalah merupakan inti sari permasalahan yang ditemukan pada observasi awal yang dituliskan latar belakang. Rumusan masalah dituliskan dalam kalimat pertanyaan dengan susunan kalimat jelas meliputi kata tanya, predikat, obyek, subyek / keterangan.    
      3. Tujuan Penelitian
      4. Batasan Penelitian
        Batasan penelitian berisi lingkup area penelitian yang dituliskan dalam batasan-batasan penelitian secara jelas sehingga bahasan penelitian tidak melebar pada penyelesaian permasalahan yang lain ataupun topik penelitian yang lain
      5. Jadwal Pengerjaan
        Jadwal pengerjakan dituliskan ke dalam tabel dengan maksimal waktu pengerjaan dituliskan pada tabel adalah 6 bulan pengerjaan
    5. Bab II Tinjauan Pustaka 
      Pada tinjauan pustaka berisi kajian - kajian yang telah dilakukan berdasarkan sumber pustaka yang relevan yang terbit 5 (lima) tahun terakhir, perbandingan pustaka sebelumnya yang dituliskan ke dalam tabel, penjelasan metode/teknik/algoritma/prosedur/pengolahan data yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, penjelasan terkait Studi Kasus yang digunakan dalam penelitian, penjelasan terkait penggunaan data penelitian. Kajian yang dituliskan adalah kajian yang hanya terkait dengan penelitian dan sesuai dengan batasan penelitian.
    6. Bab III Metodologi Penelitian 
    7. Bab IV Hasil dan Pembahasan 
    8. Bab V Kesimpulan
      Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan berisi ringkasan dan intisari hasil penelitian, simpulan dari temuan temuan penelitian. 
    9. Daftar Pustaka
      Daftar pustaka yang dijadikan rujukan dan telah digunakan pada laporan Tugas Akhir, yang berjumlah minimal 25 daftar pustaka relevan (dalam kurun waktu 5 tahun terakhir) dan dirujuk pada Laporan Tugas Akhir. 
    10. Lampiran berisi
      1. Ijin dilakukan penelitian dari Instansi terkait
      2. Bukti penelitian seperti pengumpulan data, observasi, wawancara
      3. Hasil penelitian lengkap yang tidak bisa dituliskan secara utuh / keseluruhan pada bab 4 seperti tampilan apikasi ataupun tabel tertentu
      4. Foto atau gambar pendukung lain yang terkait pada penelitian
  • Sistem Tugas Akhir :  https://simanta.umm.ac.id/
    • Pendaftaran sempro / pleno ekuivalensi karya ilmiah
    • Bimbingan TA
    • Jadwal Sempro, Sidang, Semhas
    • Unduh SK TA
    • Hasil sidang, berita acara, penilaian
  • Dokumen-Dokumen TA : Dokumen-Dokumen TA
    • Form Rekomendasi Judul Tugas Akhir
    • Form Berita Acara Sempro
    • Form Asistensi Tugas Akhir
    • Form Check List Persyaratan Ujian TA
    • Form Biodata Untuk Pencetakan Ijazah
    • Form Penilaian Pembimbing TA
    • Form Berita Acara Ujian TA
    • Form Penilaian Penguji TA
    • Form Cek Plagiarisme
    • Form Lembar Kendali Seminar Hasil
    • Tanda Terima Bukti Pengiriman Artikel
    • Berita Acara Seminar Hasil
    • Template Print Cover CD

Jadwal Pendaftaran Sempro, Pleno, dan Sidang
1. Setiap Minggu Ke-1 Setiap Bulan : Pendaftaran Sempro
2. Setiap Minggu Ke-2 Setiap Bulan : Pendaftaran Pleno (Ekivalensi Karya Ilmiah)
3. Setiap Minggu Ke-3 Setiap Bulan : Pendaftaran Sidang Akhir
*) Pendaftaran pada Simanta kalau terdapat lebih dari 1 periode pendaftaran (misal sempro dan pleno atau sidang) maka pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadwal Pelaksanaan Sempro, Pleno, dan Sidang Akhir
1. Setiap Minggu Ke-2 Setiap Bulan : Pelaksanaan Sempro
2. Setiap Minggu Ke-3 Setiap Bulan : Pelaksanaan Sidang Pleno (Ekivalensi Karya Ilmiah)
3. Setiap Minggu Ke-4 Setiap Bulan : Pelaksanaan Sidang Akhir
*) Penjadwalan pada Simanta juga dapat berbeda tergantung kebutuhan Prodi

Jadwal Yudisium dan Wisuda
1. Jadwal Yudisium dan Wisuda Mengikuti dari Kalender Akademik (infobaa.umm.ac.id)
2. Setiap akan yudisium akan ada pengumuman langsung pada peserta yang lulus sidang akhir pada periode tersebut.

Pleno & Ekuivalensi Karya Ilmiah
1. Draft karya ilmiah harus didaftarkan pada sidang pleno terlebih dahulu sebelum disubmit
2. Dalam sidang pleno ditentukan draft karya ilmiah dapat diekuivalensi atau tidak
3. Untuk mendaftar sidang pleno, anda tidak diperkenankan telah memiliki SK TA. Anda juga tidak boleh berpindah SK dari TA Reguler ke Ekuivalensi ataupun sebaliknya