Sistem Informasi yang telah dikembangkan oleh prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sejak tahun 2014 ini, diperuntukan untuk mengatasi kendala layanan administrasi kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN). Sistem ini telah membantu para mahasiswa Informatika UMM untuk mendaftar PKN. “Sistem ini membantu mahasiswa dari proses pemilihan mitra, lokasi, tanggal pelaksanaan PKN, dan lain sebagainya” jelas Galih W Wicaksono selaku ketua Prodi Informatika UMM.

Banyak kemudahan yang didapatkan dari penggunaan sistem SIM PKN ini. Tidak hanya bagi mahasiswa saja melainkan bagi dosen dan admin/staff maupun koordinator PKN juga mendapatkan banyak kemudahan dari sistem ini. Beberapa kemudahan yang disediakan dalam beragam fitur meliputi, bagi Mahasiswa dapat memperoleh pelayanan administrasi secara online, tersedia bank data, untuk persyaratan PKN nantinya mahasiswa hanya tinggal mengunduh dan  mengirimkan pada mitra yang ditujukan, serta fasilitas unduh sertifikat. Bagi dosen SIM PKN menyediakan data mahasiswa bimbingan beserta kelompoknya, daftar nilai dari perusahaan tempat pelaksanaan PKN, dapat melakukan penilaian PKN melalui sistem dan dapat memeriksa laporan serta aktivitas harian mahasiswa bimbingan. Sedangkan bagi Staff / Koordinator PKN SIM PKN sangat membantu dalam rekapitulasi data mahasiswa PKN.
Dengan adanya sistem SIM PKN ini seluruh kegiatan mahasiswa di lapangan akan dapat terekam, dan memudahkan mahasiswa maupun dosen dalam proses laporan kegiatan. (CCP)

×