Tampilan Homepage Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMANTA)
Kembangkan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SIMANTA), prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ingin memfasilitasi dan memberikan pelayanan bagi mahasiswa yang tengah mengerjakan Tugas Akhir (TA)/ Skripsi. Hal tersebut sudah diinisiasi Sejak tahun 2018, setelah prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat akreditasi A dari BAN-PT.
Kamis pagi (14/07) Galih W Wicaksono selaku Ketua Prodi Informatika UMM menyampaikan bahwa TA kebanyakan menjadi momok atau sesuatu yang menakutkan bagi mahasiswa. Padahal jika dilihat dari bobot sks dan waktu pelaksanaan, TA sama halnya dengan mata kuliah lain pada umumnya. Untuk itu Prodi Informatika UMM berupaya memberikan kemudahan dengan layanan sistem informasi manajemen tugas akhir.
SIMANTA memfasilitasi banyak hal. Tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi pengguna lainnya. “Adanya sistem (SIMANTA) ini memberikan banyak keuntungan dari berbagai pihak seperti mahasiswa, dosen, admin/staff, dan juga pimpinan prodi maupun fakultas” terang Galih.
Beragam fitur SIMANTA meningkatkan kualitas pelayanan dalam pelaksanaan TA, Galih memberikan contoh antara lain, Mahasiswa dapat mengajukan proposal melalui sistem, Mengajukan pembimbing proposal (2 orang), mencari judul TA, mengetahui jumlah kuota bimbingan dosen, bank data untuk persyaratan untuk sidang, ujian, maupun lainnya, penerbitan Surat Keterangan (SK) Pembimbing, dan opsi untuk memilih bimbingan online maupun offline.
Bagi pengguna Dosen, SIMANTA menyediakan informasi terkait mahasiswa bimbingannya, berapa mahasiswanya untuk bimbingannya, status mahasisnya lulus maupun belum lulus, bank data, berkas-berkas akademik yang disiapkan untuk laporan kinerja, kepangkatan maupun kenaikan jabatan, serta dapat memberikan catatan pembimbingan maupun nilai melalui SIMANTA. Bagi Admin/ Staff, SIMANTA dapat memberikan report kegiatan dari SIMANTA, untuk operasional maupun pengelolaan TA misalnya pendaftaran TA, penjadwalan ujian, dan lain sebagainya. Terakhir, bagi Pimpinan Prodi maupun Fakultas, SIMANTA menyediakan laporan statistik untuk mahasiswa yang sudah lulus dan lain sebagainya.
Semua kegiatan TA mahasiswa mampu terekam dalam SIMANTA yang sangat bermanfaat bagi peningkatan Kelulusan Tepat Waktu (KTW) dan sekaligus kualitas TA. (CCP)