Tingginya peminat dan antusiasme calon mahasiswa baru Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk mengakses berbagai informasi cukup tinggi. Hal tersebut tampak dari jumlah pengunjung web dan follower media sosial Prodi yang terus bertambah setiap harinya. Guna menghindari kesalahan informasi dan mengeliminasi resiko adanya tindak penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, maka prodi Informatika UMM merilis call center/pusat aduan dan layanan Prodi Informatika.

Menurut Hardianto Wibowo Sekretaris Prodi II Informatika UMM, setiap hari call center prodi selalu dibanjiri oleh pertanyaan-pertanyaan seputar aktivitas calon mahasiswa baru, akademik maupun non akademik. Pertanyaan berulang dan kebutuhan agar dapat merespon pertanyaan dengan cepat tersebutlah yang mendorong Prodi Informatika mengembangkan Chat Robot (Chatbot) untuk official call center prodi. “Chatbot ini berisi pengetahuan yang umum dan spesifik yang dibutuhkan mahasiswa, dosen, orang tua/wali mahasiswa atau juga untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui informatika UMM” tegas Hardi. “Agar lebih mudah diingat Chatbot tersebut kami branding dengan nama SAM PRI, sebenarnya SAM PRI merupakan akronim dari Sarana Layanan Komunikasi Mahasiswa Prodi Informatika. Tapi karena di Malang terkenal Bahasa walikan, jadi Mas biasa dibalik jadi Sam, dan akhirnya seperti mengadopsi budaya lokal” sambung Hardi.

Berdasarkan penelusuran kami, pengguna SAM PRI cukup mengetikkan pesan ‘Hai’, kemudian chatbot akan merespon dengan menanyakan informasi apa yang ingin ditanyakan oleh penanya. Ada 9 informasi utama yang bisa ditanyakan penanya terkait adminitrasi, kegiatan perkuliahan, Praktek Kerja Nyata (PKN) dan magang, tugas akhir, kegiatan dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa baru, alumni, layanan bantuan prodi serta kontak resmi prodi. Masing-masing informasi utama juga menyediakan informasi tambahan yang jumlahnya cukup banyak. “Kami merangkum berbagai knowledge yang dibutuhkan oleh berbagai pengguna SAM PRI, agar layanan ini bisa memberikan banyak manfaat”. Terang Hardi.

Kedepan SAM PRI diharapkan dapat di integrasikan ke setiap Whatsapp Grup mahasiswa per Angkatan yang sudah dibentuk prodi, agar layanan chat untuk grup-grup mahasiswa yang sudah dibentuk dapat lebih optimal. “Chatbot yang dikembangkan prodi juga akan dipasang disetiap grup Monitoring Mahasiswa per Angkatan, kami juga akan meningkatkan knowledge Chatbot agar bisa mencakup infomasi baru dari layanan-layanan prodi lainnya, semoga membawa banyak manfaat bagi civitas akademika Informatika UMM” tambah Hardianto.

×